menu

Jumat, 08 Juni 2012

Hardware Komputer atau Perangkat Keras Komputer

Nama        : Israhadi Surya Saputra
NIM           : 1171101164
Prodi         : TI
Kelas        : TI B
Semester  : 2

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:


A.    Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
1.      Main board
ü  Pengertian  
Main Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dan lain lain. Mainboard tidak kalah penting dengan prosesor. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer, Main board berfungsi sebagai Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya dan mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
ü  Cara kerja Main board
Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer.

2.      Prosesor
ü  Pengertian
Merupakan bagian utama dari computer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz ( Mega Hertz ) atau GHz ( 1000 MegaHertz ), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada computer. Processor dapat kita analogikan sebagai otak dari computer. Prosesor berfungsi untuk melakukan segala macam proses dalam system computer. Sehingga processor sangat menentukan kecepatan dan performa system computer.
ü  Bagian bagian prosesor
Ø  ALU ( Arithmetic and logical unit ), adalah bagian prosesor yang berperan untuk melakukan penghitungan aritmatika dan logika. adapun contoh tugas yang dilakukan seperti penjumlahan, pengurangan dan proses hitung yang lain, serta penerapan fungsi logika dari bahasa pemrograman seperti IF, And, Or dan lain lain
Ø  CU ( Control Unit ), adalah bagian prosesor yang bertugas untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian suatu proses yang dilakukan sebelum data yang diolah dikeluarkan sebagai output. CU juga mengatur kapan waktunya input menerima data dan kapan proses akan dilakukan serta kapan hasil output akan ditampilkan, namun jika perintah yang di terima oleh CU mengandung unsur perhitungan dan analisa logika, maka perintah tersebut akan di lempar ke ALU, CU akan melakukan pengawasan pada kinerja dari ALU.
Ø  MU ( Memory unit ), adalah bagian prosesor yang berfungsi untuk menyimpan data yang akan di proses maupun data yang telah diproses.

3.      Buses
Buses digunakan untuk menyambaung komputer dengan eksternal devices
ü  Bus PCI
ü  Bus ISA
ü  USB
ü  AGP

4.      RAM
RAM(Randon Access Memory) adalah tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara, dan komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC .RAM merupakan tipe memori yang diklasifikasikan sebagai volatile, maksudnya data akan hilang jika computer dimatikan. Dalam RAM, terdapat beberapa chip memory yang digunakan sebagai storagenya. Kapasitas RAM hingga kini telah mencapai 2Gb per keping memorynya.
Tipe-tipe Ram yaitu : EDORAM, RDRAM, SDRAM, dan DDR-SDRAM

5.      ROM (Read Only Memory)
ROM merupakan tipe memori yang diklasifikasi sebagai non volatile. Maksudnya ROM menangani data secara permanent walaupun computer dipadamkan. ROM tidak dapat ditulis melainkan hanya membaca data. ROM difungsikan sebagai penyimpan program yang dibutuhkan untuk mengoperasikan computer seperti program boot dan program BIOS. Diletakkan

B.     Media penyimpanan

1.      Harddisk
Hardisk adalah storage devices yang paling sering di pakai. Bagian-bagian hardisk terdiri dari Logic board, motor, Platter, read-write head, interface slot, dan body. Logic board merupakan bagian hardisk yang mengatur kerja hardisk menurut instruksi dari user. Logic board ini nantinya mengatur putaran motor dan gerak dari read-write head menurut lokasi penempatan data. Read-write head inilah yang membaca dan menulis data pada hardisk, menyampaikan informasi kepada logic board, kemudian logic board menyampaikan kepada CPU melalui interface baik itu SATA maupun PATA. Harddisk banyak menangani program dan menyimpan data di komputer. Untuk alasan ini harddisk memiliki kapasitas simpan yang besar. Kapasitas simpan harddisk bertambah dengan pesat dari 40 MB hingga 80 Gb. Biasanya kapasitas simpan harddisk diukur dalam satuan gigabyte.

2.      CD-ROM
CD-ROM adalah perangkat optik yang hanya dapat digunakan untuk membaca CD saja. Perangkatnya berisi optik, motor, tray, dan case. Pemilihan CD-ROM ini berdasarkan kecepatan bacanya. Pada zaman dahulu CD-ROM hanya memiliki keccepatan baca 1x, 2x, 4x, 12x, namun kini CD-ROM telah mampu melakukan pembacaan hingga 56x.

3.      CD-RW
CD-RW adalah perangkat yang mampu melakukan pembacaan dan penulisan terhadap CD. Artinya kita dapat menyimpan data kedalam sebuah CD blank. CD-RW biasanya memiliki 3 variable yaitu write/rewrite/read. Misal CD-RW 52x/32x/52x berarti perangkat tersebut memiliki kemampuan tulis 52x, kemampuan menulis ulang/menindih 32x, dan kemampuan baca 52x.


4.      DVD-ROM
DVD-ROM adalah perangkat optik yang mampu membaca CD dan DVD. Bedanya dengan CD adalah DVD berisi data lebih banyak, yaitu + 4,5 GB. Kecepatan baca DVD hingga kini masih 16x, namun DVD-ROM mampu membaca CD hingga 52x.

5.      USB Flash
Jenis USB Flash Disk ini bisa bekerja pada system operasi WindowsMe/2000/XP, MacOS 9.x/A, Linux 2.4x. Kapasitas simpannya mulai dari 32 MB, 64 MB, 256 MB bahkan sampai 512 MB.

C.     Power supply - sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas

D.    Pengontrol penyimpanan
dari jenis IDE, SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM, DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan.

E.     Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
                 Input
ü  Keyboard
ü  Mouse
ü  Joystick
ü  Gamepad
ü  Scanner gambar
ü  Webcam
                        Output
ü  Printer
ü  Speaker
ü  Monitor
                         Jaringan/Networking
ü  Modem
ü  NIC(Network Interface Card) atau kartu network




sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras 
               http://syagha.blogspot.com/2009/12/pengertian-dan-fungsi-motherboard.html
               http://komp-rakitan.blogspot.com/2012/02/prosesor-cpu-central-processing-unit.html 
versi makalah klik 
Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar